paket wisata bandung

Curug Cimahi: Air Terjun Pelangi Yang Perlu Anda Kunjungi

Wisata Curug Cimahi, kalau Anda berniat wisata ke sana, letaknya ini di Bandung Barat, ketinggiannya mencapai 87 meter, sehingga dijuluki sebagai curug tertinggi yang ada di Bandung. Anda perlu menjadikan Curug Cimahi ini sebagai tujuan wisata Anda selama di Bandung. Dilihat dari sejarahnya, Cimahi merupakan nama sungai yang mengalir dan hulunya adalah Situ Lembang yang mengalir terus sampai menuju Kota Cimahi. Ketinggian Curug sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut dengan suhunya berada di antara 18-22 derajat celsius. Melihat Curug Cimahi Bandung dari ketinggian seperti menemukan keunikan tersendiri yang tidak ada di tempat wisata lain. 


Curug Cimahi: Air Terjun Yang Punya Pelangi
Bentuk cahaya yang muncul pada air terjun adalah vertikal sehingga menambah kecantikannya Curug Cimahi di malam hari. Sumber cahaya itu adalah lampu yang diposisikan di belakang dinding air terjun sehingga air terjunnya bermandikan warna pelangi yang indah. Seperti dalam bayangan Anda, warna-warna yang muncul itu merah, biru, kuning, hijau, dan sebagainya. Itulah yang menyebabkan warna air yang terjun ke bawah menjadi berwarna sesuai warnanya masing-masing, turun dari ketinggian 87 meter dengan penuh warna-warni.

Letaknya dari tempat wisata Curug Cimahi ini arahnya adalah ke arah Lembang, kira-kira 1 jam dari Kota Bandung. Berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, dan tempat wisata ini mendapat bantuan pengelolaan dari Perhutani yang jaraknya 10 kilometer dari kota Cimahi. Untuk menjangkau tempat wisata ini, baiknya adalah menggunakan kendaraan pribadi, atau kalau tidak pakai kendaraan umum, bus misalnya. Karena kondisi jalannya baik, semuanya beraspal, dan tidak terjal, tidak menanjak. Pintu masuknya pun dekat dengan Terminal Angkot Cisarua, tepat di Jalan Kolonel Masturi, mudah di jangkau karena Alamat Curug Cimahi ini dekat dengan jalan raya. 

Curug Cimahi Hal Yang Perlu Anda Lakukan Ketika Sampai di Lokasi
Nanti kalau Anda sudah sampai ke tempat wisata Curug Cimahi, baiknya berjalan kaki ketika berada di lokasi karena jalannya berundak berkelok-kelok dan menurun sehingga perlu kehati-hatian. Ada 587 anak tangga menurun terbuat dari semen dan batu, yang kemiringannya mencapai 45 derajat. Sehingga tak jarang pengunjung terengah-engah karena merasa kelelahan, akan tetapi ini bisa Anda tempuh dengan waktu 30 menit, bahkan Anda tidak perlu merasa sedih lagi karena sepanjang perjalanan akan banyak Anda jumpai monyet bergelantungan (jadi ingat film Marsupilami) di pohon.

Anda semua pasti sudah tahu banyak bahwa monyet itu lucu dan seringkali menarik wisatawan untuk dijadikan hiburan. Di Curug Cimahi ini terdapat sebanyak 200 monyet yang pertama kali diresmikan oleh Perhutani pada 1992. Padahal dahulu pernah terjadi longsor di tempat ini sekitar sampai 2010, tetapi para monyet masih tetap tinggal dan memiliki keramahan tersendiri karena tidak nakal pada pengunjung dari pada di tempat wisata yang lain. Itulah yang menyebabkan monyet di tempat ini banyak disukai wisatawan ketika berkunjung ke sini.

Curug Cimahi  Fasilitas Yang Disediakan Dan Harga Tiket Masuk
Kalau menilai fasilitas yang didapat selama berwisata ke Curug Cimahi ini adalah hampir sama dengan yang ada di tempat lain, seperti shelter yang ada di gerbong menuju air terjun, peta lokasi, bangku, tempat sampah, mushola dan kamar kecil, dan ada warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Biaya masuk ke Curug Cimahi ini sebesar Rp 15.000. Di siang hari Anda akan banyak melihat air terjun alami yang kealamiannya dapat mendamaikan suasana batin Anda karena benar-benar mempesona. Nah, kalau sudah masuk waktu malam, air terjunnya akan berkilau bersama cahaya sehingga banyak yang menyebutnya sebagai The Rainbow Waterfalls Curug Cimahi yang indah sekali.